09 Agustus 2016

Layout Design

Hallo guys,nah untuk postingan saya kali ini kita akan menjelaskan tentang layout.Sebelumnya apa kalian sudah tau apa itu layout kalau tau baca artikel dibawah ini dan temukan jawabanya sendiri.let's go....



Apa Itu Layout ?

Layout adalah penyusunan dari elemen-elemen desain yang berhubungan kedalam sebuah bidang sehingga membentuk susunan artistik.Tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dalam sebuah cara yangn dapat memudahkan pembaca menerima innformasi yang disajikan.

Grid system
 
Sebuah gird diciptakan sebagai solusi terhadap permasalahan penataan elemen-elemen visual dalam sebuah ruang. Gird system diguanakan sebagai perangkat untuk mempermudah menciptakan sebuah komposisi visual. Melalui gird System seorang perancang grafis dapat membuat sebuah sistematika guna menjaga konsistensi dalam melakukan repetisi dari sebuah komposisi yang sudah dicipatakan. Tujuan utama dari penggunaan gird system dalam desain grafis adalah untuk menciptakan suatu rancangan yang komuniakatif dan memuaskan secara estetik.

The Golden Section

Sebelum kita bisa membuat gird, kita memeperlukan sebuah halaman untuk meletakkannya. Di bidang seni garfis,promosi agung menjadi dasar   pembuatan ukuran kertas dan prinsip tersebut dapat digunakan untuk menyusun keseimbangan sebuah desain. Proporsi agung sudah ditemukan sejak zaman kuno untuk menghadirkan proporsi yang sangat sempurna dan indah.

The Symetrical Grid

Dalam grid simetris, halaman kanan akan berkebalikan persis seperti bayangan cermin dari kiri. Ini memberikan dua margin yang sama baik margin luar maupun margin dalam. Untuk menjaga proporsi , margin luar memiliki bidang yang lebih lebar. Layout klasik yang dipelopori oleh Jan Tschichold (1902-1974) seorang typographer dari jerman ini didasari ukuran halaman dengan proporsi 2 : 3.
Sitem layout digunakan hampir pada semkua bidang yang berhubungan dengan desain visual, anda mungkin pernah mendengar kata layout berita,layout rumah,layout web dll.


  • Prinsip-prinsip


prinsip layout antara lain urutan , penekanan,keseimbangan,kesatuan,dan konsisiten. urutan menunjuk pada aliran membaca. penekanan menunjuk pada objek-objek penting dalam urutan pembacaan. kesimbangan menunjuk pada pembagian berat ruang , termasuk ruang isi dan kosong (ruang sela). Kasatuan menunjukan pada usaha menciptakan kesatuan objek,termasuk ruang secara keseluruhan. Konsistensi menunjuk pada kontrol estetik tampilan keseluruhan. Konsisitensi kian terasa pada penerbitan berkala. konsistensi selain sebagai kontrol estetik terutama berguna bagi koordinasi keseluruhan material yang dilayout.

Disamping lima prinsip di atas , terdapat dua prinsip lagi yang penting terutama untuk layout penerbitan berkala. Dua prinsip tersebut yaitu konstanta dan variabel. " Konstanta adalah elemen-elemen yang konstan, elemen yang selalu dipertahankan...sedangkan variabel adalah elemen-elemen yang berubah."


  • Tipografi

merupakan unsur penting dalam layout.Typografi sebaiknya tidak dipahami sebatas memilih jenis huruf. Tipografi adalah soal mengorganisikan huruf,pengorganisasian tersebut tak sebatas memilih jenis huruf yang cocok untuk headline, subheadline,body text, caption,dll. Pengorganisasian disini meliputi pengaturan jarak antar baris,antar huruf,antar kata , spasi,termasuk mematikan bentuk/ anatomi huruf yang sebaiknya memiliki perbedaan dengan angka (misalnya huruf i kapital sebaiknya tidak sama dengan angka 1).Pemilihan jenis huruf  juga dengan memperhatikan kelengkapan seri huruf seperti reguler,bold,bold italic,italic. Tipografi pun termasuk kedalam prinsip konstanta dan varaiabel.

  • Mendisain

Dalam bahasan ini melayout adalah medisain juga.Lebih lanjut dapat digunakan terminologi mendesain,mengingat mendesain menekankan arti aktifitas memecahkan persoalan. Layout dalam pengertian yang demikian menjadi sebuah aktivitas yang tidak sebatas teknis namun juga filosofis,organisatoris. literatur kreatifitas mengistilahkan aktivitas mendisain melibatkan aspek kognitif,efektif,psikomotorik.

Salah satu metode mendesain yang menurut saya mengena yaitu dengan mengamati hasil desain lain. Kalau kita medisain jurnal.Mengamati dalam hal ini bukan untuk meniru namun mengetahui pertimbangan-pertimbangan dalam desain. Di samping itu dengan melakukan pengamatan konseptual akan diketahui disiplin layout sebuah penerbitan.Artinya , pilihan beberapa desain yangnn layak,baik secara teknik produksi,tampilan layout,dan gagasan ruang.

  • Ilustrasi

 Dalam sebuah penerbitan bisa berfungsi sebagai penghias,bisa pula memeperjelas teks.Dalam kesempatan ini diberikan pengetahuan berkaitan ilustrasi sebagai pennjelas teks. Dalam statistik yangn diperluas kedalam desain komunikasi visual ilustrasi bisa berupa info grafis. Ada pula yang menyebut dengan info grafik,atau diagram. Jurnal  BALAIRUNG termasuk salah satu jurnal mahasiswa yang sering menyertakan infografis dalam penerbitannya. hampir sebagian besar jurnal menyertakan infografis dala artikel-artikel di dalamnya.

Dalam ilmu diagram dikenali beberapa jenis bentuk diagram yaitu basic statistic (umumnya berupa angka-angka), Scatter graph (diagram pencar), grafik bar (diagram batang),diagram bagian (diagram kuweh),dan piktorial (ikonik).
contoh gambar:



nah apakah kalian sudah paham tentang layout untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa buka di sini..Ok sekian yang bisa saya sampaikan semoga ini bermanfaat bagi kalian dan terimakasih sudah mengunjungi blog ini.Sampai jumpa lagi dipostingan saya selanjutnya.

Sumber :
http://www.satriamultimedia.com/artikel_teori_tentang_layout_desain.html
http://dgi-indonesia.com/wp-content/uploads/2009/07/layout.pdf

0 komentar:

Posting Komentar