14 Juli 2016

Mengenal Manga Wayang Indonesia

Pengertian


Animasi manga wayang indonesia adalah gabungan antara seni wayang indonesia asli (bukan jepang punya dan bukan korea punya)yang digabungin dengan animasi manga jepang yang biasa disebut anime.



ini contohnya:

Nah tokoh diatas adalah hanoman (Sanskerta: हनुमान्; Hanumān) atau Hanumat (Sanskerta: हनुमत्; Hanumat), juga disebut sebagai Anoman, adalah salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu, sekaligus tokoh protagonis dalam wiracarita Ramayana yang paling terkenal. Ia adalah seekor kera putih dan merupakan putera Batara Bayu dan Anjani, saudara dari Subali dan Sugriwa. Menurut kitab Serat Pedhalangan, tokoh Hanoman sebenarnya memang asli dari wiracarita Ramayana, namun dalam pengembangannya tokoh ini juga kadangkala muncul dalam serial Mahabharata, sehingga menjadi tokoh antar zBaman. Di India, hanoman dipuja sebagai dewa pelindung dan beberapa kuil didedikasikan untuk memuja dirinya.

 Bambang Wisanggeni adalah tokoh pewayangan yang tidak terdapat pada cerita wiracarita mahabharata,karena merupakan tokoh asli ciptaan pujangga jawa.Ia dikenal sebagai anak arjuna yang lahir dari seorang bidadari Batari Dresanala,putri Batara Brama.Wisanggeni merupakan tokoh istimewa dalam pewayangan Jawa. Ia dikenal pemberani, tegas dalam bersikap, serta memiliki kesaktian luar biasa.
  Secara fisik, Wisanggeni digambarkan sebagai pemuda yang terkesan angkuh. Namun hatinya baik dan suka menolong. Ia tidak tinggal di dunia bersama para Pandawa, melainkan berada di kahyangan Sanghyang Wenang, leluhur para dewa. Dalam hal berbicara, Wisanggeni tidak pernah menggunakan basa krama (bahasa Jawa halus) kepada siapa pun, kecuali kepada Sanghyang Wenang.
Kesaktian Wisanggeni dikisahkan melebihi putra-putra Pandawa lainnya, misalnya Antareja, Gatutkaca, ataupun Abimanyu. Sepupunya yang setara kesaktiannya hanya Antasena saja. Namun bedanya, Antasena bersifat polos dan lugu, sedangkan Wisanggeni cerdik dan penuh akal.


Nah cukup sekian yang dapat saya bagikan , semoga ini bermanfaat. Jangan lupa tunggu postingan saya selanjutnya.Trimakasih sudah berkunjung di blog ini.






Sumber refrensi:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Hanoman 
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Wisanggeni
  3. http://hestizulyazulya.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-animasi-manga-wayang.html

2 komentar:

  1. permisi mau tanya kak . itu gambar wayang wisanggeni yang buat kakak sendiri ? kalo iya mau izin untuk saya pakai buat desain kaos kak , trims :)

    BalasHapus
  2. kakak, mohon ijin download gambar anomannya buat aku pasang di produk aku boleh?
    kalau kedepannya kakak keberatan aku bersedia hapus deh

    BalasHapus