11 Agustus 2016

Apa Itu Desain Web

Hallo guys,selamat pagi salam kreatif dari saya.Ok pagi ini kita akan belajar tentang ilmu desain web.Biasanya desain web adalah pekerjaan anak RPL tapi karena desain web juga membutuhkan karya anak Multimedia jadi kita akan belajar untuk memahaminya.let's go....



Apa Itu Desain Web ?

Desain web adalah sekumpula ketrampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam membangun dan memelihara sebuah website.Disiplin Ilmu dan ketrampilan dalam desain web meliputi 5 hal:

  1. Desain grafis , desain grafis ini berhubungan dengan bagaimana visualisai grafis yang akan ditanamkan dalam sebuah website yang tentunya mencakup tentang penggunaan kombinasi warna,jenis tulisan, gambar yang digunakan sampai dengan kesesuaian dengan konsep yang dibuat.
  2. Desain tatap muka/interface , desain web juga tidak terlepas bagaibmana sebuah websaite dapat berinteraksi denagn pengunjung melalui rancangan tatapmuka yanng terstruktur agar informasi yang disampaikan sesuai yang diharapkan.
  3. Penyusunan konten tentunya selain visualisasi grafis dan tatapmuka yang baik,konten yang dipublikasikan juga harus berkualitas dengan cara penentuan topik yang sesuai serta penyusunan yang baik.
  4. Penulisan kode ,ini berhubungan dengan bagaimana sistem penyajian informasi bisa bekerja stabil dan maksimal,tanpa ada gangguan dan dapat digunakan dengan kondisi yang dinamis.Kondisi dinamis disini mengarah kepada keragaman jenis pengujung dan teknologi maupun perangkat yang digunakan.
  5. Optimalisasi mesin pencari atau yangn sering disebut dengan SEO ( Search Engine Optimization ) , agar informasi yang disampaikan bisa menyebar seluas-luanya serta mengundang banyak pengunjung tentunya penggunaan teknik SEO yang baik sangat diperlukan.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya desain web dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki latar belakang yang berbeda sesuai dengan yang diatas,sering juga ditemui desain web dibuat oleh satu orang.Halaman web dan situs web dapat berupa halaman statis,atau dapat program dinamis sehingga menghasilkan halaman web dengan konten atau tampilan visual yang diinginkan,tergantung pada bebagai faktor,seperti masukan dari pengguna akhir,masukkan dari web master,atau perubahan dari lingkungan komputasi (seperti situs yang terkain dengan data base yang telah diubah).

  • Bahasa Markup (seperti HTML,XHTML dan XML)
  • Gaya lembar bahasa (seperti CCS dan XSL )
  • Client-side scripting (seperti Javascript dan VBScript)
  • Server-side scripting (seperti PHP dan ASP)
  • Teknologi database (seperti MySQL dan Postgre SQL)
  • Teknologi multimedia ( seperti Flash dan Silverllight)


Perancang web atau Desainer web adalah orang yang memilki keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirim ke pengguna-akhir melalui word wide web,seperti televisi internet, microbligging,RSS dan sebagainya.

Web memiliki 4 bagian yang terdiri dari :

  1. HTTP (Hyper Text Type Protocol)
  2. URL (Uniform Resource Locator)
  3. Client Server
  4. HTML( Hyper Text Markup Language)
    Sumber :

2 komentar: