01 Juli 2016

Standar Ukuran Cover Novel

Assalamu'alaikum wr.wb


Hallo guys,sore hari ini saya akan berbagi tentang standar ukuran untuk membuat cover buku.Dan yang saya bahas kali ini adalah buku novel.

A.Pengertian
    Novel adalah sebuah karya fiksi prosa ynag ditulis secara naratif dan biasanya dalam bentuk cerita.Penulis novel disebut novelis.Kata novel berasal dari bahasa italia novella yang berarti" sebuah kisah atau sepotong berita".
    Novel lebih panjang setidaknya 40.000 dan lebih kompleks dari cerpen dan tidak dibatasi keterbatasan struktural dan matrikal sandiwara atau sajak.Umumnya novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka sehari-hari dengan menitik beratkan sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut.
      Novel dalam bahasa indonesia dibedakan dari roman.Sebuah roman alur ceritanya lebih kompleks dan jumlah pemeran atau tokoh lebih banyak. 


Pada dasarnya ukuran sebuah buku tergantung selera anda sang pemilik buku,namun berbicara soal ukuran yang sering digunakan dalam membbuat sebuah buku berikut ukrannya:
  • 13 x 19 cm [standar novel] (tambahkan bleed 3 mm)
  • 14 x 20 cm (tambahkan bleed 3 mm)
  • 14,8 x 21 cm [A5] (tambahkan bleed 3 mm)
  • 15 x 23 cm (tambahkan bleed 3 mm)
 
Untuk ukuran buku dengan spesifikasi diatas biasanya akan memiliki biaya cetak yang sama,pada dasarnya ukuran tersebut sama maksimal 15 x 53 cm ( tergantung dicetak menggunakan mesin apa) jadi jika anda memesan sesuai ukuran dibawah 15 x 23 cm maka akan disesuaikan dengan ukuran permintaan anda namun biaya produksi cetak akan sama.  
Ukuran berikutnya :
  • 17,6 x 25 cm (B5)
  • 21 x 29,7 cm (A5)
Ukuran diatas adalah standar alternatif jika ada yang ingin memilki ukuran diatas  15 x 23 cm.ukuran B5 dengan 17,6 x 25 cm biasanya digunakan untuk buku-buku khusus seperti portofolio. Ukuran ini cukup unik untuk meski dalam percetakan sering dibilang ukuran nanggung karena akan banyak sekali kertas yang dibuang dan harganya akan sama dengan orang yang mencetak dengan ukuran A4 (21 x 29,7) ukuran ini banyak digunakan untuk buku-buku sekolah tingkat dasar atau buku-buku bergambar dan majalah.

Nah sekian sedikit sering dari saya semoga ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung diblog ini.

Sumber refrensi:
http://printondemand.co.id/standar-ukuran-cover/

Wassalamu'alaikum wr.wb

4 komentar: