20 Juni 2016

Mengenal Infografis

Apa itu Infografis ?

Infografis adalah representasi visual informasi data,atau ilmu pengetahuan secara grafis. Melalui infografik,ilmuwan komputer,matematika dan statistikkawan mampu mengembangkan dan mengomunikasikan konsep menggunakan satu simbol untuk memproses informasi.

Manfaat Penggunaan Infografis

Infografis memberikan banyak manfaat yang tidak dimiliki penyaji konvensional.Zaman dahulu otak manusia sudah terbiasa dengan sajian secara visual.Hal ini juga bisa dibuktikan dari peninggalan-peninggalan masa pra-sejarah berupa lukisan yang dibuat sebagai salah satu media komunikasi.

Jenis-jenis Infografik

Ada beberapa jenis infografis yang bisa digunakan sesuai tujuan masing-masing.Berikut antaralain:

Infografis statis
Infografis statis adalah infografis yang disajikan dalam bentuk visual statis,tanpa konsep audio atau animasi yang bisa bergerak.Jenis infografis yang satu ini bisa dibilang merupakan jenis yang paling sederhana dan paling sering digunakan dalam kebutuhan.
  • Infografis Animasi
Dikenal juga dengan Animated infographic,infografis ini bisa digunakan sebagai media audio visual seperti televisi atau youtube.Infografis animasi bisa dibuat dengan 2D maupun 3D yang tampak lebih kompleks.
Jenis infografis yang memadukan konsep audio visual menjadi menarik karena memadukan gambar yang bergerak dengan latar belakang suara yang memperkuan pesan yang ingin disampaikan.

  • Infografis Interaktif
adalah jenis infografis yang paling kompleks jika dibandingkan dengan infografis statis dan infografis animasi. Pada infografis ini, target yang menjadi sasaran penyajian informasi bisa melakukan interaksi terhadap infografis yang disajikan. Untuk mewujudkan infografis interaktif yang baik, dibutuhkan kerjasama dengan developer atau programmer supaya animasi maupun pemrograman interaksi bisa dijalankan dengan lancar.
Salah satu contoh infografis yang bisa dibuat secara interaktif adalah informasi mengenai jenis-jenis sayuran indonesia.Infografis ini memungkinkan kita untuk mengklik setiap kategori sayur yang akan memunculkan data mengenai tulisan lengkap dengan gambar animasi yang bergerak. Sehingga para pengakses infografis bisa menemukan data secara cepat dan efisien sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Sekian dari saya semoga ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung diblog ini.

Sumber refrensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Infografik.
http://www.ismedrizal.id/2016/03/mengenal-dan-cara-membuat-infografis.html
https://www.maxmanroe.com/mengenal-pengertian-infografis-dan-jenisnya.html

0 komentar:

Posting Komentar