18 Juni 2016

Tutorial Membuat Desain Kemasan




Hallo guys,bagaimana kabar kalian?.Nah kali ini kita akan belajar membuat desain kemasan baju.Disini saya menggunakan aplikasi Inkscape bukan CorelDraw.Ini saya bagikan untuk kalian jadikan refrensi. Untuk membuatnya kalian harus mengetahui apa pengertian kemasan. Ok let's go....


A. Pengertian

 Kemasan adalah teknologi melampirkan atau melindungi produk untuk distribusi, penyimpanan, penjualan, dan penggunaan. Kemasan juga mengacu pada proses merancang, mengevaluasi, dan memproduksi paket. Kemasan dapat digambarkan sebagai sistem terkoordinasi mempersiapkan barang untuk transportasi, pergudangan, logistik, penjualan, dan penggunaan akhir. Kemasan mengandung, melindungi, menjaga, mengangkut, menginformasikan, dan menjual. Di banyak negara itu sepenuhnya terintegrasi ke dalam pemerintahan, bisnis, penggunaan kelembagaan, industri, dan pribadi.


B.Latar Belakang

Penggunaan tinplate untuk kemasan tanggal kembali ke abad ke-18. Pembuatan tinplate adalah lama monopoli dari Bohemia ; pada tahun 1667 Andrew Yarranton , bahasa Inggris insinyur , dan Ambrose Crowley membawa metode ke Inggris di mana ia ditingkatkan dengan ironmasters termasuk Philip Foley . Dengan 1697, John Hanbury memiliki rolling mill di Pontypool untuk membuat " Pontypoole pelat ". metode memelopori ada rolling pelat besi dengan cara silinder diaktifkan piring hitam lebih seragam yang akan diproduksi daripada yang mungkin dengan mantan praktek palu .
Kotak tinplate pertama mulai dijual dari pelabuhan di selat Bristol di 1725.Tinplate itu dikirim dari Newport,Monmounthshire.Dengan 1805,80.000 kotak dibuat dan 50.000 diekspor. Tobacconists di London mulai kemasan tembakau di tabung logam berlapis dari tahun 1760-an dan seterusnya. 

C.Maksud Dan Tujuan

Maksud dan tujuan pembuatan kemasan adalah mempermudah pembeli dalam membeli suatu barang dan dapat mengenali suatu barang secara langsung dengan melihat kemasannya.Kemasan juga membuat pembeli menjadi tertarik untuk membeli barang tersebut sehingga menguntungkan perusahaan yang menjualnya.
 


D.Alat Dan Bahan
  • Laptop 
  • Inkscape
  • Mouse
  E.Langkah Kerja

Untuk membuat suatu kemasan harus memperhatikan langkah-langkah berikut.dan terus kembangkan jika sudah bisa.
1.Buat kerangka untuk kotaknya dengan menggunakan Rectangles.
2.Kita buat lagi kerangka untuk luaran kotak atau untuk menutupi kotaknya.kita tambahkan lagi garis putus-putus diluarnya untuk memperindah.

3.Dikerangka luaran kotak yang sudah kita buat, kita tambahkan garis untuk tempat pegangannya dan tempat untuk meletakkan Magnet.Magnet kita letakkan di kotak A dan C.Seperti gambar dibawah ini:
4.Kita buat siluet untuk gambar depan.Setelah itu kita tambahkan gambar siluet untuk mempercantik kemasan agar lebih menarik perhatian kosumen.Seperti gambar dibawah ini :
 
5. Setelah semuanya sudah jadi rangkai semua hingga menjadi seperti ini:
F.Refrensi


G.Hasil Dan Kesimpulan

Kemasan yang dibuat bisa digunakan seperti tas dan pembutannya sangat mudah.Dalam pembuatannya harus memperhatikan detailnya dan bentuknya.Kemasan yang baik akan banyak peminatnya.Jangan pernah menyerah jika masih belum bisa membuatnya teruslah membaca dan gunakan aplikasi yang berlisensi jangan yang bajakan.


Nah, sekian dari saya semoga ini bermanfaat,terimakasih sudah berkunjung di blog ini dan selamat mencoba.


0 komentar:

Posting Komentar