27 Juni 2016

Membuat Batik Parang Sederhana Dengan Inkscape

Assalamu'alikum wr.wb

Hallo guys sore kali ini kita akan membuat batik parang sederhana dengan inkscape.
A.Pengertian

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menerapkan atau menuliskan pada kain itu,kemudian diproses dengan cara tertentu dengan cirikhasnya.  Batik indonesia , sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait,oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.




 B.Latar Belakang

Seni pewarnaan batik dengan teknik perintang pewarnaan menggunakna malam adalah salah satu bentuk seni kuno .Penemuan di Mesir menunjukkan bahwa teknik ini sudah dikenal sejak abad ke-4SM,dengan ditemukannya mumi dengan kain pembungkus yang dilapisi malam dan membentuk pola.Di indonesia batik dipercaya sudah ada sejak zaman Majapahit,dan sangat populer akhir abad XVIII atau awal abad XIX.Batik yang dihasilkan ialah semua batik tulis sampai awal abad XX dan batik cap baru dikenal setelah perang dunia I atau sekitar tahun 1920an.   
Walaupun kata "batik" berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat. G.P. Rouffaer berpendapat bahwa tehnik batik ini kemungkinan diperkenalkan dari India atau Srilangka pada abad ke-6 atau ke-7.Di sisi lain, J.L.A. Brandes (arkeolog Belanda) dan F.A. Sutjipto (sejarawan Indonesia) percaya bahwa tradisi batik adalah asli dari daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua. Perlu dicatat bahwa wilayah tersebut bukanlah area yang dipengaruhi oleh Hinduisme tetapi diketahui memiliki tradisi kuna membuat batik.


C.Alat dan bahan
  • Laptop 
  • Mouse
  • Aplikasi Inkscape

D.Maksud dan Tujuan

Tutorial ini dibuat untuk memudahkan pembaca agar meningkatkan kreatifitasnya dalam medesain dengan komputer dan bukan hanya dengan pensil dan buku gambar saja.


E.Tahapan pelaksanaan

1.Buka aplikasi inkscape
2.Buatlah persegi panjang dengan menu Rectangles and squers seperti gambar dibawah ini
3.Berilah warna pada persegi panjang tersebut
4.Buat tiga lingkaran dan kemudian gabungkan menjadi satu dengan mengklik menu Path lalu pilih Union.Lalu susun miring sampai penuh.

5.Buat lingkaran kecil dan susun miring mengikuti motifnya.

6.Nah jadinya seperti gambar dibawah ini  
F. Refrensi


G. Hasil dan Kesimpulan

Untuk membuat desain batik vektor dengan inkscape harus memperhatikan detail motif dan batiknya berasal dari daerah mana. Jangan pernah berhenti untuk mencoba jika hasilnya masih belum maksimal.

Sekian dari saya terimakasih sudah berkunjung diblog ini dan semoga ini bermanfaat.Selamat mencoba.

Wassalamu'alaikum wr.wb
 

0 komentar:

Posting Komentar