03 Juni 2016

Tips Desain Cover Buku

Hallo guys,kali ini kita akan belajar tentang hal-hal yang perlu kita ketahui saat mendesain cover Buku.Sebagai anak yang akan menjadi seorang Desain grafis kita akan memerlukan materi ini, agar tidak kebingungan.Berikut sedikit Tips dari saya:

Elemen yang perlu diperhatikan dalam mendesain cover buku adalah Ilustrasi,warna ,tipografi dan layout.

1.Ilustrasi
Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik Drawing,Fotografi atau tekni seni rupa lainnya.maksud ilustrasi dalam membuat buku adalah objek utama desain cover buku.Bisa berupa format apapun,foto,vektor atau gambar apapun.Atau dalam Novel fantasi biasanya objeknya animasi.

2.Warna
Warna adalah unsur terpenting dalam desain apapun.Semakin anda bisa mengkomposisikan warna maka semakin tinggi pula chance buku anda diambil dan dibeli konsumen.Karena apa ,karena setiap orang yang akan membeli sesuatu pasti yang dilihat pertama adalah warna dan bentunya.

3.Tipografi
Tipografi dalam hal ini berati ilmu tentang bentuk ,ukuran dan tataletak font/huruf.. Aturan pertama dalam mendesain cover buku adalah jenis, ukuran dan tata letak font pada cover harus bisa langsung terlihat oleh calon konsumen dari jarak jauh.Font yang kalian pilih harus memiliki keterbacaan yang tinggi.Perlu diingat pemilihan dan tataletak font yang tepat bisa membuat yang awalnya biasa-biasa saja menjadi menarik.

4.Layout
layaout adalah bagaimana teman-teman mengkomposisikan semua elemen diatas.Dimana teman-teman meletakkan ilustrasinya, menyesuaikan letak text judulnya dan menentukan apa warna yang akan digunakan pada ilustrasi dan textnya sangat menentukan hasil desain cover anda.Ini contoh cover buku novel yang saya buat pertama kali:


Untuk kesemuanya ini, khususnya bagi yang baru akan memulai menjadi desainer cover buku, bukan sesuatu yang sekali jadi, semuanya harus melalui proses dimana skill desain dan insting dilatih. Jadi, banyak-banyaklah berlatih dan bereksperimen.

Sekian dari saya,semoga ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung diblog ini.


Sumber refrensi:

0 komentar:

Posting Komentar