09 Juni 2016

Metode Membuat Kartun

Membuat kartun membutuhkan proses yang panjang dan rumit.Namun jika memiliki keinginan yang kuat pasti akan jadi kartun tersebut dan menjadi sebuah animasi yang ditayangkan di televisi,hasil akhir bisa layak diperjuagkan.Jika anda ingin membuat kartun sendiri berikut cara-caranya:

Metode 1.Mencari inspirasi

Hal yang perlu diperhatikan:
  • Jika anda pemula anda mungkin sebaiknya menghindari cerita tema dan cerita yang mebutuhkan adegan animasin kompleks , seperti pertempuran besar atau mesin rumit.Keahlian anda harus diasah dulu sebelum anda siap mengerjakan proyek besar.
  • Ingat jika anda membutuhkan peralatan lebih banyak bergantung pada kerumitan kartun anda.Kartun Claymation denagn dua lusin karakter dan empat set akan membutuhkan peralatan lebih banyak dibandingkan animasi sel dengan satu adegan.
  • Jika anda ingin membuat kartun yang bisa berkembang menjadi acara jangka panjang ,kartun anda perlu sepanjang 11 menit atau 20-25 menit.
  • Buatlah kartun sesuai pengalaman anda yang membentuk anda.cinta tak berbalas, kehilangan teman, bekerja keras menuju tujuan yang sepertinya mustahil, dll.
  • Jika ingin  membuat sesuatu yang lebih lucu ,ambil situasi sehari-hari seperti menuggu dalam lalulintas atau menunggu email dan besar-besarkan kesuliatn ini secara lucu.Atau anda bisa menggunakan sesuatu yang sudah lucu untuk membuat kartun lucu.
  • Anda bisa gunakan kegemaran atau imajinasi anda untuk menciptakan ide baru ,selama anda ,memasukkan detail yang membantu seseorang untuk masuk  dengan karakter cerita anda.
  • Buat daftar sifat karakter anda dan tulis fitur-fitur dan kekurangan untuk mencegah karakter yang sempurna.
Metode 2. Menulis Naskah dan Membuat Papan Carita 


Jika karakter dalam kartun anda akan berbicara ,anda akan membutuhkan aktor untuk membaca kalimat ini dan aktor suara akan memerlukan naskah tertulis agar dia tau apa yang dia katakan.Anda perlu naskah untuk mengimplementasikan kartun anda.Mulut bergerak dengan cara yang berbeda untuk fonem berbeda,dan anda perlu menganimasikan gerakan mulut dengan cara yang terlihat nyata agar suara yang anda tambahkan terlihat sesuai.Saat membuat seketsa papan cerita formal ,tiap perubahan aksi seharusnya terlihat dalam kotak papan cerita.Aat anda juga bisa membuat catatan mengenai apa yang akan terjadi disetiap bingkai agar lebih mudah diingat nantinya.

Metode 3. Membuat animasi



Hal yang harus diperhatikan dalam membuat animasi
  •  Kenali jenis animasi berbeda,umumnya kebanyakan animasi akan jatuh dibawah kategori animasi sel,animasi stop motion ,animasi komputer 2D,dan animasi komputer 3D.
  • Cobalah animasi sel.Animasi sel adalah metode tradisional dalam membuat kartun.Anda akan perlu menggambar tangan tiap sel atau lembar animasi dan mengambil foto sel tersebut dengan kamera khusus.
  • Gunakan teknik Stop Motion.Stop motion merupakan bentuk animasi tradisional juga,namun lebih sedikit digunakan dibandingkan animasi sel."Claymation" merupakan bentuk umum dari animasi stop motion ,namun ada boneka lain yang bisa anda gunakan dan buat untuk kartun.
  • Buat animasi 3D mengunakan komputer.Sama seperti animasi 2D anda akan memerlukan prangkat lunak khusus untuk menghasilkan kartun animasi 3D. 
Metode 4. Efec Suara


Hal yang perlu diperhatikan:
  • Dapatkan peralatan yang benar.Anda akan memerlukan mikrofon yang bagus dan mencegah suara gema atau bunyi latar belakang masuk kedalam suara yang ingin anda gunakan.
  • Rekam Efec suara anda sendiri.Jadilah kreatif dan cari cara sederhana dan sehari-hari untuk membuat suara yang serupa dengan suara yang aanda butuhkan untuk kartun.
  • Cari Efec suara yang anda butuhkan.Jika anda tidak memiliki hak akses pada peralatan atau tidak bisa membuatnya sendiri ada CD-ROM dan situs web yang menawarkan tekaman suara gratis yang bisa Anda gunakan sesuai keinginan, dan ini mungkin merupakan pilihan yang lebih sesuai untuk Anda. 
  •  Pertimbangkan memanipulasi suara menggunakan perangkat lunak komputer. JIka Anda memiliki aktor suara yang lebih sedikit dari karakter, Anda bisa mengubah suara salah satu karakter cukup dengan menyesuaikan atribut sampel suara yang sudah Anda kumpulkan. Anda perlu membeli perangkat lunak penyunting suara khusus untuk melakukan ini, namun bergantung pada yang Anda gunakan, Anda bisa mengubah dan menambah nada, seperti suara besi, pada rekaman suara.
Metode 5. Distribusi


Hal yang harus dilakukan:
  • Distribusikan kartun menggunakan sumber daya Anda sendiri. Jika anda memiliki kartun satu kali yang pendek atau jika Anda berusaha membuat nama untuk diri Anda sendiri, Anda bisa meli berkernambahkan kartun Anda ke dalam portfolio digital Anda dan mengunggah salinan pada blog pribadi, akun media social, atau situs web video. 
  • Kunjungi perusahaan distribusi, perusahaan animasi, atau stasiun televise.Jika anda menciptakan episode pertama untuk kartun dirumah, Anda bisa menyebarkan disalah satu rute.Jika diterima ,Anda perlu membuat jadwal produksi baru anda untuk kartun berikutnya agar anda bisa kembali bekerja.
 Nah sekian dari saya semoga ini bermanfaat dan tunggu postingan saya selanjutnya.


Sumber refrensi:

0 komentar:

Posting Komentar