02 Juni 2016

Membuat Logo Burung Di Inkscape

Hallo guys,kali ini kita akan membuat logo burung dengan inkscape.Seperti gambar di bawah ini.


A.Pengertian

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama inkscape adalah menjadi perangkat grafik mukhtahir yang memenuhi standar XML,SVG dan CSS.Inkscape bersifat cross platform dan dapat dijalankan dengan Mac Os Xbiasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz,sistem operasi berbasis Unix dan Windows.
Pada 2010, Inkscape dalam proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara rutin pada setiap rilis baru.

B.Latar Belakang

Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah fork dari proyek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill (Gnome Illustration Application), buah karya dari Raph Levien.
Fork itu dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang yang beranggotakan mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengenali perbedaan-perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking. Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara lengkap, tidak seperti pengembangan Sodipodi yang menekankan pada pembuatan sebuah editor grafik vektor yang umum, dengan mengorbankan implementasi SVG.
Sejak dikembangkan dalam fork itu, Inkscape berganti dari menggunakan bahasa pemrograman C ke C++; berubah ke GTK+ toolkit C++ bindings (gtkmm); merancang ulang antarmuka pengguna dan menambahkan sejumlah fitur baru. Penerapannya terhadap standar SVG telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, meski belum lengkap.

  C. Alat Dan Bahan
  • Laptop
  • Mouse
  • Aplikasi Inkscape
 D. Maksud dan Tujuan

Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.dan tujuan saya membuat tutorial ini adalah memberikan refrensi pada pembaca untuk membuat sesuatu yang unik dengan Inkscape. 


E. Langkah Kerja

1.sekarang kalian buka inkscape.Buatlah objek  seperti gambar dibawah ini dengan Pen Tool.Tidak perlu mirip.
2. Untuk mengeditnya kita gunakan menu Edit Paths By Nodes.Usahakan bagian kiri melengkung seperti gambar diatas.Kemudian beri warna biru dan jangan lupa hapus garis tepinya.
Kemudian atur "Opacity" atau transparansi 70%.


3.Sekarang select objek dan kemudian duplicate.Hasilnya kita atur ukuranya lebih kecil dari objek utama.Seperti gambar dibawah ini.
4.Sekarang kita sudah punya bandan dan sayap burung.Kita buat kaki dan kepalanya sekarang.Kita buat kakinya dengan Ractangle dan kepalanya dengan ellips.Seperti gambar dibawah ini.
5.Sekarang kita buat jambul burung.Kita buatnya dengan   mengaktifkan Pen Tool.jadinya seperti gambar dibawah ini.Kemudian satukan dengan mengklik menu Path dan pilih Union.
6.Untuk yang terakhir, kita buat paruh burung kita dengan menggunakan Ractangle.Dan jadinya seperti gambar dibawah ini.
Nah sudah jadi burungnya.Kalian bisa gunakan warna sesuai gaya kalian sendiri.Semoga ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog ini.

F.Refrensi

http://www.inkscapepedia.com 
https://id.wikipedia.org/wiki/Inkscape

G.Kesimpulan
Ketika membuat badan burung perhatikan proposisinya shingga hasilnya akan maksikmal.Hasil diatas merupakan contoh animasi burung hantu yang cukup sederhana.menurut saya tidak ada kata menyerah sebelumm mencoba,jika masih belum bisa mengikuti tutorial ini teruslah mencoba dan teruslah membaca refrensi-refrensinya.

Sekian dari saya semoga ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog ini.

SELAMAT MENCOBA



0 komentar:

Posting Komentar