27 April 2016

Teknik Pencahayaan

TEKNIK PENCAHAYAAN

pencahayaan merupakan suatu hal yang sangat vital dalam fotografi,jika anda ingin lebih  memahami macam-macam teknik pencahayaan ,yuk baca artikel dibawah ini.
  • Pencahayaan outdoor



sinar matahari bukan sumber cahaya  yang konstan,karena mereka berubah sesuai dengan jam dan  cuaca ,musim dan lintang.Warna sinar matahari berubah paling cepat diujung ekstrim hari yaitu fajar dan senja hari.Perubahan warna yang kuat juga terjadi selama badai kabut dan pada hari-hari musim dingin. Sinar matahari langsung yang kuat menghasilkan cahaya yang “keras” karena menghasilkan gelap, bayangan yang jelas dengan image yang kuat dari bentuk. Sinar matahari adalah pencahayaan yang paling sulit pada hari-hari musim panas yang jelas pada siang hari. Sinar matahari yang kuat membuat warna yang kuat lebih cemerlang, tapi warna pucat menjadi lemah.

  • FRONT LIGHT
 


  • SIDE LIGHT
pencahayaan dari samping sangatlah penting warna hitam putih yang mengandalkan warna abu-abu ,bukan warna ,untuk menangkap subjek. Bayangan yang disebabkan pencahayaan  dari samping mengungkapkan detail yang dapat membuat foto menjadi menarik dari yang biasa-biasanya . Gambar yang dibuat biasanya memiliki warna yang kontras .

  • BACK LIGHT

Ketika sumber cahaya berada di depan fotografer, datang langsung ke kamera, kamu memiliki apa yang disebut sebagai back light; yaitu, subjeknya backlit. Jenis pencahayaan seperti ini sangat efektif untuk foto seseorang di luar ruangan di bawah sinar matahari yang cerah.Back light  juga mungkin memerlukan penggunaan reflektor atau lampu kilat untuk mencerahkan bayangan gelap dan meningkatkan detail subjek. Back light juga digunakan untuk menghasilkan efek siluet.

  • EXISTING LIGHT
 Terkadang  disebut juga cahaya yang tersedia atau fotografi cahaya natural, adalah pembuatan gambar dengan cahaya yang kebetulan berada di tempat kejadian. Ini termasuk cahaya dari meja, lantai, lampu langit-langit, lampu-lampu neon, jendela, lilin, lampu ponsel otomatis, dan jenis cahaya lainnya.Dengan exsisting light ,fotografer memiliki kesempata untuk membuat gambar yang kreatif dan dramatis.Existing light memungkinkan kebebasan bergerak untuk sang fotografer karena peralatan tambahan pencahayaan tidah diperlukan.

  • OUTDOOR PADA MALAM HARI

Waktu yang paling baik untuk membuat gambar outdoor malam adalah sebelum langit benar-benar gelap.Pada saat itu beberapa biru atau orange ada dilangit .Warna senja memberikan latar belakang  yang dramatis untuk fotomu.Banyak bangunan terlihat biasa disiang hari, tapi dimalam hari terlihat menarik.

Sekian yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.Jangan lupa tunggu postingan saya selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar