30 April 2016

Cara Menulis Skenario

 Assalamu'alaikum wr.wb

Hallo guys, kali ini saya akan berbagi tentang "Cara Menulis Naskah".silahkan dibaca .......Untuk kalian yang suka menulis .

Bentuk Fiksi Naskah

  Berikut adalah beberapa bentuk fiksi Naskah ,Yaitu Naskah satu kolom dan Naskah Dua Kolom.
  1. Naskah Satu Kolom
     Dalam naskah satu kolom penulisa deskripsi unsur Audio dan Visual tidak dipisahkan . Semua ditulis berurutan tanpa pemisah kolom.Khusus untuk program yang akan direkam dengan multi kamera televise dan tidak denagan teknik film ,perlu diperhatikan bahwa :
  1.  Adegan (scene ) tidak perlu diberi nomor urut karena progesi perekaman akan terjadi bersamaan denagn saat penampilan.
  2. Pendekatan produksi video (multi kamera) biasanya post produksi tidak terlalu banyak bekerja. Misalnya, tidak banyak penyuntingan dan unsure dramatik sudah dilaksanakan pada saat perekaman.
    2. Naskah Dua Kolom 

    Dalam Naskah dua kolom penulisan deskripsi visual seperti setting, gerakan kamera,instruksi acting dan efek Visual dituliskan dikolom yang terpisah dari kolom audio.Jadi, kolom audio khusus untuk menuliskan unsur-unsur audio termasuk narasi, dialog, sound effect, musik, dan instruksi auditif.
    Pada prinsipnya, dari segi isi, naskah satu kolom dan dua kolom akan menghasilkan produk yang identik. Namun, dari segi tata letak tampak lebih konvensional.

TATA TULIS  NASKAH 
Dalam menulis naskah video, anda sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal ,seperti judul progam dan derskripsi adegan. Judul progam sebaiknya anda tulis dibagian tengah atas kertas dan jangan lupa menggunakan huruf kapital. Deskripsi adegan terdiri dari:
  1. indikator tempat yaitu menerangkan lokasi pengambilan gambar didalam atau luar ruangan.Indikator ini ditulis dengan nomor urut dan dengan huruf kapital.
  2. indikator setting yaitu penulisan tempat kejadian dan ditulis secara singkat dan jelas.
  3. Indikator waktu yaitu ditulis singkat dalamhuruf kapital.
  4. Instruksi jenis shot 
  5. Nama tokoh (kecuali bila termasuk dalam dialog), isyarat musik, sound effect dan instruksi acting semuanya ditulis dalam huruf kapital. Untuk naskah dua kolom, ketiga hal tersebut ditulis dalam kolom audio.
CONTOH MODEL NASKAH
Terdapat beberapa contoh modul naskah:
  1. Modul Dokumenter 

A. Dokumenter berdasarkan Stock Shots (Potongan shot)
  Program dokumenter yang berdasarkan stock shots ini tinggal menyusun daftar shots yang diperlukan dan mencarinya di perpustakaan. Kekurangan Shots tertentu dengan mudah diupayakan dengan pengmbilan baru.

B. Dokumen yang didramatisir
   Format ini lebih sesuai menggunakan model screenplay teaterikal karena aspel visual dan aureal dapat diketahui sebelumnya dan dapat direncanakan seperti halnya sebuah drama yang disutradarai.

C.Dokumenter  model Inturksional/Teknikal
   Jenis format ini termaksud yang sebenarnya karena shooting-nya tidak dapat direncanakan cepat sebelumnya.

2). Naskah Video Instruksional/Pendidikan.

     Sehubungan dengan tujuannya untuk kegiatan pengajaran maka ketepatan perekaman merupakan pegangan yang sangat penting. Naskah harus disusun berdasarkan kurikulum tertentu. untuk itu terlebih dahulu didesain dan kemudian dikembangkan untuk intruksional. Naskah harus mengaju didesain tersebut.

Contoh naskah program instruksional adalah sebagai berikut:
IDENTIFIKASI PROGRAM
1. BIDANG STUDI : Bahasa Indonesia
2. POKOK BAHASAN : Struktur
3. SUBPOKOK BAHASAN : Kata Berimbuhan
4. TOPIK : Imbuhan Memper-i
5. JUDUL : Jeritan di malam hari
6. SASARAN : Siswa SMP kelas 1 senester 2 dln.

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM:

Siswa dapat memahami dan dapat mempergunakan kata berimbuhan (memper-i) serta dapat mengkomunikasikannya dalam kalimat secara lisan dan tulisan.

TUJUAN INSTRUKSIONAL  KHUSUS:
  • Siswa dapat menyebutkan kata berimbuha  memper-i dengan memperhatikan hubungannya dengan kata berawalan ber- atau diperi-i.
  • Siswa dapat menggunakan kata-kata berimbuhan member-i dengan memperhatikan hubungannya dengan kata yang berawalan ber- atau diper-i.
dln.

Sekian dari saya terima kasih sudah berkunjung diblog ini dan semoga ini bermanfaat.

Wassalamu,alaikum wr,wb.
 

0 komentar:

Posting Komentar